top of page
  • Gambar penulisIngrid

Apa anjing bisa makan labu siam? 

Bisa dong. Anjing bisa makan bermacam jenis labu dan salah satunya adalah labu siam. Labu siam bisa jadi cemilan rendah kalori untuk anjing. Selain itu labu siam juga bergizi dan mengandung banyak vitamin dan mineral yang bermanfaat untuk anjing. 


labu siam segar
Labu siam segar


Apa labu siam aman untuk anjing? 

Iya. Labu siam dalam jumlah yang cukup, aman dimakan anjing peliharaan. Buat anjing yang belum pernah makan labu siam sebelumnya, berikan sedikit labu siam rebus dulu untuk dicicipin anabul dan lihat reaksinya. 


Terkadang ada beberapa anjing yang tidak bisa mencerna labu siam dengan baik karena kandungan seratnya yang tinggi. Dan ini bisa mengakibatkan diare pada anjing. 


Cara menyajikan labu siam yang aman untuk anjing peliharaan

  1. Kupas bersih kulit labu siam. 

  2. Potong sesuai ukuran anjing. Potong dadu kecil buat anjing kecil, potong sedikit besar untuk anjing besar. 

  3. Atau haluskan jika anjingmu tipe vacum cleaner yang suka menghirup makanannya. 



labu siam kupas
Labu siam kupas


Nutrisi dalam labu siam yang bermanfaat untuk kesehatan anjing peliharaan 


Labu siam memiliki banyak manfaat kesehatan bagi manusia karena mengandung banyak vitamin, mineral, antioksidan, dan serat. Meskipun tidak ada penelitian khusus tentang pemberian chayote kepada anjing, nutrisi yang dikandungnya kemungkinan besar juga bermanfaat bagi anjing. Hanya sedikit buah yang dapat memberikan banyak nutrisi, dan ini merupakan pilihan yang sangat baik untuk anjing yang sedang diet karena rendah kalori! Nutrisi yang dapat diberikan oleh labu siam meliputi:


Vitamin C


Vitamin C adalah antioksidan yang membantu menghilangkan radikal bebas dari tubuh anjing Anda. Radikal bebas terbentuk sebagai bagian dari proses penuaan alami, dan antioksidan seperti vitamin C mengurangi efeknya. Selain itu, vitamin C dapat mengurangi peradangan yang disebabkan oleh radikal bebas ini, termasuk peradangan yang dapat menyebabkan perubahan kognitif yang disebabkan oleh penuaan pada anjing. Anjing mensintesis vitamin C dalam tubuh mereka, tidak seperti manusia yang harus mendapatkannya dari makanan mereka. Anjing tidak membutuhkan banyak vitamin C tambahan dari makanan mereka.


Folat


Folat merupakan nutrisi penting yang penting dalam memproduksi sel darah merah dalam tubuh dan neuron di otak. Sel darah merah digunakan tubuh untuk membawa oksigen, dengan molekul oksigen menempel pada bentuk unik permukaan sel darah merah. Oleh karena itu, terlalu sedikit folat dalam makanan dapat menyebabkan anemia. Folat juga diketahui dapat memperbaiki beberapa tanda penyakit gastrointestinal tertentu pada anjing, dan diperlukan untuk membuat DNA.


Vitamin K


Vitamin K sangat penting dalam makanan karena darah anjing Anda tidak dapat membeku tanpanya. Vitamin K menciptakan protein yang memungkinkan darah membeku. Jika anjing Anda terluka, ia tidak akan terus-menerus berdarah, dan darahnya pada akhirnya akan membeku. Anjing yang mengalami keracunan dengan antikoagulan (biasanya rodentisida—racun tikus) diberi vitamin K dalam jumlah besar untuk membantu membekukan darahnya. Vitamin K juga membantu tubuh menyimpan kalsium di tulang, membuatnya lebih kuat.


Mangan


Mangan adalah mineral yang berperan dalam produksi energi tubuh. Mangan juga membantu anjing memproduksi asam lemak yang digunakan di seluruh tubuh, membantu menjaga kesehatan tulang dan tulang rawan, serta membantu anjing memetabolisme karbohidrat dan protein dengan benar.


Kalium


Kalium dibutuhkan tubuh untuk menciptakan muatan listrik yang memberi daya pada bagian tubuh yang paling penting: jantung dan otak. Impuls listrik membuat jantung berdenyut dan memfasilitasi aktivasi neuron di otak. Itulah mengapa kalium bermanfaat! Kalium juga membantu otot berfungsi dengan benar dan membantu anjing menyerap nutrisi lain lebih cepat.


Magnesium


Magnesium adalah mineral berharga yang membantu relaksasi dan suasana hati pada anjing. Magnesium digunakan oleh tubuh untuk menghasilkan energi di dalam sel, tetapi juga aktif dalam fungsi otot dan saraf. Inilah yang diduga menjadi alasan mengapa magnesium memengaruhi stres.



Berapa banyak labu siam yang boleh dimakan anjing peliharaan?


Seperti halnya buah atau sayuran berserat lainnya, kuncinya adalah tidak berlebihan dalam mengonsumsi labu siam. Labu siam rendah kalori dan padat nutrisi, tetapi jika terlalu banyak dapat menyebabkan masalah gastrointestinal karena kandungan seratnya, seperti muntah, kram yang menyakitkan, gas, dan diare. Kami sarankan untuk hanya memberi anjing Anda beberapa potong chayote yang dimasak sebagai camilan sesekali, asalkan Anda memeriksakan terlebih dahulu ke dokter hewan untuk memastikannya aman.


Akhir kata, labu siam aman di konsumsi anjing peliharaan. Bisa dijadikan cemilan rendah kalori atau tambahan makanan buat anabul yang sedang diet.


2 tampilan0 komentar

Postingan Terakhir

Lihat Semua

Comments


bottom of page