top of page
  • Gambar penulisIngrid

Manfaat daging kelinci untuk anjing peliharaan dengan alergi

Diperbarui: 20 Mar

Apakah anjing bisa makan daging kelinci?


Ya tentu saja, anjing bisa makan daging kelinci. Daging kelinci merupakan salah satu pilihan terbaik untuk makanan anjing peliharaan. Terutama untuk anjing yang alergi daging ayam atau daging sapi. Dog food daging kelinci juga bisa membantu menjaga kesehatan anjing yang memiliki masalah kulit dan pencernaan. Daging kelinci kaya protein, rendah lemak dan rendah kolesterol.





Alergi makanan pada anjing


Alergi makanan pada anjing adalah reaksi imun yang tidak normal terhadap makanan tertentu. Alergi makanan dapat menyebabkan berbagai gejala, seperti hot spot, rasa gatal pada kulit, masalah bulu, atau iritasi pada saluran pencernaan.


Daging sapi, ayam, dan domba adalah sumber protein yang paling umum menyebabkan alergi pada anjing. Oleh karena itu, mengganti makanan anjing dengan protein yang berbeda, seperti daging kelinci, dapat membantu mengurangi risiko terjadinya alergi.




Daging kelinci sebagai protein alternatif


Daging kelinci memiliki protein yang berbeda dengan protein sapi atau ayam. Oleh karena itu, daging kelinci dapat membantu mengurangi paparan terhadap protein yang menyebabkan alergi pada anjing.






Daging kelinci sebagai protein pendingin


Dalam pengobatan tradisional Tiongkok, protein pendingin, seperti protein kelinci, dipercaya dapat membantu mengatasi peradangan. Protein yang lebih hangat, seperti daging domba, diduga dapat meningkatkan panas tubuh yang berpotensi memicu reaksi alergi.


Protein pendingin dapat memperoleh manfaat dengan menyeimbangkan energi pada hewan peliharaan yang rentan menjadi “panas” karena alergi dan peradangan.




Daging kelinci sebagai sumber protein dan nutrisi yang baik


Daging kelinci memiliki kandungan protein yang tinggi. Bahkan lebih tinggi daripada daging ayam, yaitu sekitar 21%. Protein penting untuk membangun dan memelihara massa otot anjing Anda. Daging kelinci juga memiliki lebih banyak protein per onsnya dibandingkan daging sapi ataupun daging babi.


Hal ini tentu saja membuatnya jadi pilihan protein yang sangat sehat untuk anjing peliharaanmu. Protein tinggu, rendah lemak dan rendah kolesterol. Kombinasi yang bagus untuk kesehatan jantung anjing peliharaan.


Perbandingan protein dalam 100 gram daging kelinci

Jenis Protein

Jumlah Protein per 100 gram

Daging sapi

26 gram

Daging ayam

27 gram

Daging kelinci

33 gram

Ikan salmon

21 gram

Ikan tuna

28 gram




Rendah Lemak

Daging kelinci memiliki kadar lemak yang rendah, sekitar 10% dibandingkan pada daging ayam. Kandungan lemak yang rendah membantu anjing Anda menghindari obesitas dan menjaga kesehatan jantung.



Kaya Mineral penting untuk pertumbuhan anjing

Daging kelinci kaya akan mineral penting untuk kesehatan tulang dan gigi anjing Anda. 100 gram daging kelinci mengandung 99 mg kalsium, 85 mg fosfor, dan 60 mg magnesium. Dilansir dari Canine Journal, mineral tersebut dibutuhkan anjing peliharaan untuk menjaga kesehatan tulang dan gigi anjing peliharaan.



Daging kelinci Pilihan Pet Meal Box


Daging kelinci yang kami beli berasal dari peternakan kelinci di Jawa Barat. Kelinci-kelinci ini bebas hormon penggemuk dan zat-zat berbahaya lainnya. Kelinci di potong fresh dan langsung diolah di dapur produksi kami di BSD - Tangerang dan Bogor.

Ingin mencoba cooked dog food yang 100% menggunakan daging kelinci? Langganan di Pet Meal Box 😄



Dog food dari daging kelinci


Ingin mencoba dog food dengan bahan 100% daging kelinci tanpa campuran protein lain?


Cooked Dog Food - Rabbit terbuat dari daging kelinci tanpa campuran daging-daging lainnya.






Tanya jawab seputar daging kelinci untuk makanan anjing peliharaan:


1. Apa anjing bisa makan daging kelinci mentah?

Ya, beberapa orang menggunakan metode pemberian daging kelinci mentah (raw food) untuk anjing mereka. Namun, banyak dokter hewan yang tidak menyarankan hal ini. Daging kelinci mentah dapat terkontaminasi bakteri yang berpotensi membuat anjing sakit.


2. Apa anjing boleh berburu kelinci sendiri?

Tidak dianjurkan untuk melepas anjing Anda untuk berburu kelinci sendiri, terutama jika Anda tidak tinggal di dekat hutan yang banyak kelincinya. Kelinci-kelinci tersebut kemungkinan besar milik orang lain, dan jika pemiliknya mengetahui anjing Anda memakan kelincinya, mereka dapat bereaksi dengan tidak menyenangkan.


3. Apa anjing boleh makan daging kelinci yang ada bulunya?

Ya, anjing boleh makan daging kelinci yang ada bulunya. Namun, tidak semua anjing menyukainya. Ada beberapa anjing yang tidak suka tekstur bulu kelinci.


4. Kenapa dog food rabbit mahal?

Harga dog food rabbit bisa bervariasi tergantung merek. Namun, tidak semua dog food rabbit mahal. Dog food rabbit di Pet Meal Box, misalnya, harganya cukup terjangkau, yaitu Rp 85.000 untuk kemasan 500 gram dan Rp 21.000 untuk kemasan cup 120 gram.

Ramah di kantong kan!




140 tampilan0 komentar

Comments


bottom of page