top of page
  • Gambar penulisIngrid

Homemade Makanan Basah Kucing: Panduan Lengkap dan Nutrisi Seimbang

Diperbarui: 10 Nov 2023

Kucing adalah sahabat setia dengan selera khusus. Memberikan makanan yang sehat dan bervariasi sangat penting untuk menjaga kesehatan mereka. Salah satu opsi yang populer adalah makanan basah, yang terdiri dari tingkat kelembaban yang lebih tinggi daripada makanan kering biasa. Dalam blog ini, kami akan membahas segala hal yang perlu Anda ketahui tentang homemade makanan basah untuk kucing, mulai dari ciri makanan yang baik, cara penyimpanan yang benar, hingga perbandingan dengan makanan kering.



Apa itu Makanan Basah untuk Kucing?


Cat wet food atau makanan basah kucing adalah makanan kucing yang memiliki kandungan air yang lebih tinggi daripada makanan kering, biasanya sekitar 70-80%. Pada umumnya hadir dalam bentuk kaleng atau sachet. Makanan basah untuk kucing lebih mudah dicerna dan diserap oleh tubuh kucing dibandingkan dengan makanan kering. Selain itu, makanan basah juga lebih bernutrisi dan dapat membantu menjaga kesehatan kulit dan bulu kucing.



Semangkok makanan basah untuk kucing
Homemade wet food daging ayam untuk kucing

Ciri-ciri Makanan Basah Kucing yang Baik

  • Bahan Berkualitas Tinggi: Pilih makanan basah dengan bahan utama yang berkualitas tinggi, seperti daging atau ikan yang dicantumkan sebagai bahan pertama.

  • Kandungan Nutrisi Seimbang: Pilih makanan yang mengandung nutrisi seimbang, termasuk protein, lemak, serat, taurin dan vitamin yang diperlukan untuk kesehatan kucing.

  • Tanpa Bahan Tambahan Berbahaya: Pastikan tidak ada bahan tambahan seperti pewarna, pengawet buatan, atau pemanis buatan yang dapat membahayakan kesehatan kucing.

  • Berwarna cerah dan tidak pucat.

  • Beraroma segar dan tidak amis.




Cara Menyimpan Makanan Basah Kucing yang Sudah Dibuka


Setelah membuka kaleng atau sachet, simpan makanan yang tidak habis dalam wadah kedap udara di lemari es. Gunakan dalam waktu 2-3 hari untuk memastikan kesegarannya. Jangan biarkan makanan basah terpapar udara terlalu lama karena dapat memicu pertumbuhan bakteri.



Makanan Basah vs. Makanan Kering: Perbandingan


Beberapa kelebihan makanan basah dibandingkan makanan kering:

  • Makanan basah lebih mudah dicerna dan diserap oleh tubuh kucing.

  • Makanan basah lebih kaya protein.

  • Makanan basah bisa membantu menjaga kesehatan kulit dan bulu kucing


Namun, makanan kering lebih praktis untuk disimpan. Dan umumnya harganya lebih murah daripada makanan basah. Oleh karena itu kita di Pet Meal box bertekad untuk membuat makanan basah untuk kucing, homemade, fresh, bernutrisi seimbang dan dengan harga terjangkau.


2 ekor kucing sedang menikmati makanannya. kucing oren di sebelah kiri makan makanan kering. kucing taby di kanan makan makanan basah kucing
Kucing makan siang



Harga Makanan Basah untuk Kucing


Harga makanan basah untuk kucing bervariasi, tergantung pada merek, jenis, dan ukurannya. Makanan basah untuk kucing yang dijual di supermarket biasanya dibanderol dengan harga mulai dari Rp20.000 hingga Rp50.000 per kaleng. Makanan basah untuk kucing yang dijual di pet shop biasanya lebih mahal, dengan harga mulai dari Rp50.000 hingga Rp100.000 per kaleng.



Takaran Makanan Kucing dengan Makanan Basah


Takaran makanan kucing berbeda tergantung pada berat dan aktivitas kucing. Sebagai panduan umum, berikan sekitar 1 hingga 1,5 ons (28-42 gram) makanan basah per 5 pounds (2,3 kg) berat badan kucing per hari.



Memberikan Makanan Basah Setiap Hari


Memberikan makanan basah setiap hari mungkin baik asalkan makanan tersebut seimbang nutrisinya. Seperti makanan kucing dari Pet Meal Box yang dibuat dengan bahan-bahan segar berkualitas human-grade dan resep sudah di setujui oleh dokter hewan berpengalaman. Makanan kucing di Pet Meal Box menyediakan 3 pilihan protein utama untuk variasi makanan kucing kesayanganmu.



22 tampilan0 komentar

Postingan Terakhir

Lihat Semua

Comments


bottom of page