top of page
Gambar penulisIngrid

Makanan Manusia Yang Tidak Boleh Dimakan Anjing

Sebagai pemilik anjing, kita sering ingin berbagi makanan dengan mereka. Apalagi saat mereka memohon dengan "Puppy Eyes". Sulit menolak rengekan anabul. Tapi, meski kamu sayang sekali pada anjingmu, kamu harus bisa berkata TIDAK. Tidak semua makanan yang kita makan aman untuk mereka.



Anjing labrador keracunan bawang bombay
Anjing Labrador di Meja Pemeriksaan


Berikut makanan manusia yang tidak boleh dimakan anjing: 


1. Onion Ring 

Bawang bombay ini BAHAYA sekali ya untuk kesehatan anjing. Bawang bombay mengandung senyawa tiosulfat yang dapat merusak sel darah merah pada anjing, menyebabkan anemia hemolitik. Gejala keracunan bawang termasuk muntah, diare, lemas, dan napas pendek.


Untuk pawrent yang memiliki anak anjing atau anjing yang super aktif seperti Siberian Husky. Simpan bawang bombay di tempat yang benar-benar aman. Jauh dari jangkauan mereka. Bentuknya yang bulat, sering diartikan sebagai bola atau mainan mereka. Jika terjadi kecelakaan, mereka makan bawang bombay, segera bawa ke vet. 



2. Coklat 

Cokelat mengandung theobromine dan kafein, dua zat yang sangat berbahaya bagi anjing. Kedua zat ini dapat menyebabkan berbagai masalah kesehatan mulai dari muntah dan diare hingga kejang dan kematian. Tergantung dari jumlah yang dikonsumsi dan ukuran anjing. Jenis cokelat yang paling berbahaya adalah cokelat hitam dan cokelat masak yang memiliki kandungan theobromine lebih tinggi.

Ini berlaku juga untuk minuman kopi dan teh. 


coklat, enak buat manusia, beracun untuk anjing
Coklat, salah satu makanan yang tidak boleh dimakan anjing


3. Ayam goreng 

Daging ayam memang salah satu protein utama makanan anjing. Tapi ayam yang sudah digoreng menyimpan bahaya untuk anjing. Yang pertama adalah bumbu. Ayam goreng untuk manusia pasti diberi berbagai bumbu sebelum dimasak. Salah satunya adalah garam dan bubuk bawang bombay. 


Bawang bombay sangat berbahaya untuk anjing. Baca lagi penjelasannya diatas. Dan kebanyakan garam bisa membuat bulu anjing mudah rontok.

 

Bahaya kedua adalah tulang. Tulang yang telah dimasak, terutama tulang ayam atau tulang kecil lainnya, dapat pecah menjadi serpihan tajam yang dapat melukai saluran pencernaan anjing. Ini dapat menyebabkan perforasi, penyumbatan, dan cedera internal lainnya.


ayam goreng
Ayam goreng


4. Cake 

Bahan utama umtuk membuat cake adalah telur, tepung dan gula. Ketiga hal ini tidak secara langsung berefek buruk buat anjing. Tapi jika dikonsumsi terlalu banyak, bisa menyebabkan anjing muntah dan diare. 


Berlaku untuk carrot cake juga ya. Meskipun wortel bermanfaat buat anjing (Baca: Manfaat wortel untuk anjing) tapi jika sudah diolah menjadi carrot cake, carrot cake = cake.


Cupcake cantik tapi bisa bikin anjing diare
Cupcake cantik tapi bisa bikin anjing diare


5. Martabak Manis 

Martabak manis buat pawrent saja ya. Daripada nanti anabul muntah dan diare kebanyakan makan tepung, gula dan margarin plus topping. 



Jadi selalu ingat kata Queen, “Too Much Love Will Kill You”. Ungkapkan rasa sayangmu dalam hal yang lebih bermanfaat untuk anjingmu. Seperti, mengajak mereka bermain, latihan atau jalan kaki keliling komplek.


7 tampilan0 komentar

Postingan Terakhir

Lihat Semua

コメント


bottom of page